10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Sebagai Server Jaringan

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server – Dalam membangun server jaringan dibutuhkkan sistem operasi untuk mengatur dan mengontrol jaringan tersebut. sistem operasi tersebut bisa saja Windows , Linux , Unix , Free Bsd , Sunsaloris , Macintosh namun yang kita bahas ini adalah beberapa distro linux yang cocok dijadikan sebagai server dalam jaringan.

sehingga buat anda yang ingin membuat server jaringan bisa dijadikan refrensi untuk memilih sistem operasi apa yang akan dijadikan server jaringan.

Beberapa Sistem Operasi jaringan Yang cocok digunakan sebagai server jaringan sebagai berikut :

Sistem Operasi Jaringan Linux Terbaik Untuk Membangun Server

1.Ubuntu

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 1

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang sering digunakan sebagai server jaringan, dikarenakan distro linux tersebut pengoperasiannya mudah. Distro dari pengembangan linux debian tersebut memiliki  kelas sendiri.

Instalasinya yang mudah dan dukungan hardware yang baik menjadikan distro linux satu ini banyak digandrungi orang. saya sendiri sedang belajar menggunakan distro linux satu ini.

Sistem Operasi jaringan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai server jaringan, Karena pengoperasiannya yang mudah.

2.Red Hat 

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 2

Red Hat atau biasa dekenal dengan topi merah ini karena logo dari linux tersebut adalah sebuah topi merah. Red Hat dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang awalnya kecil tapi sekarang menjadi perusahaan yang cukup besar yang dikenal dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Linux tersebut sering digunakan sabagai sistem operasi server jaringan namun ada beberapa paket yang memerlukan biaya. walaupun memerlukan biaya, tidak sedikit yang menggunakan distro linux tersebut untuk dijadikan sebagai server.

Baca Juga :  Perbedaan Linux dan Unix

3.SUSE

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 3

Mungkin dari kalian belu mengenal distro linux satu ini, linux yang dimiliki oleh novell. Distro linux satu ini pengoperasiannya cukup mudah walaupun saya sendiri belum pernah memakai distro linux satu ini,namun hal itu saya katakan ketika membaca beberapa artikel di google.Tidak sedikit yang menggunakan distro linux tersebut baik digunakan sebagai OS pribadi maupun digunakan sebagai server networking.

4.Mandriva

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 4

Linux satu ini mungkin bagi kalian asing,tapi sangat cocok buat server jaringan. Distro linux buatan prancis.nama mandriva diambil dari mandrake linux dan kontruksinya diambil dari connecttiva distribusi linux.linux mandriva sendiri di klaim sebagai penerimaan ekstrim di Eropa dan Amerika Selatan.

5.Xandros

Jika anda baru mengenal sistem operasi berbasis open source seperti linux dan ingin membangun server jaringan, linux satu ini sangat cocok digunakan. Karena distro linux yang satu ini memiliki distribusi hubungan dengan microsoft. Mereka berkaloborasi dikalangan teknis,sehingga buat anda yang awam dengan linux sebaiknya memilih distro linux yang satu ini.

6.Slackware

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 5

Sebuah linux  yang berlisensi gratis dan open source tersebut dimiliki oleh  Patrick Volkerding tersebut memiliki banyak penggemar setia,sehingga para pengembangpun cepat – cepat merilis versi baru dengan dilengkapi beberpa fitur yang baru. distro linux tersebut memiliki kontrak kerjasama dengan berbagai perusahaan yang memberikan dukungan.

7.Debian

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 6

Mungkin kalian kenal dengan distro linux satu ini, distro linux yang cukup terkenal di Indonesia ini memiliki beberapa distribusi yang dilahirkan oleh linux debian,diantaranya: Ubuntu, Linux Mint dan Vyatta. Walaupun memiliki beberapa anakan tapi distro linux yang satu ini tidak memiliki dukungan komersial formal.

Distro Linux tersebut memiliki pengoperasiannya yang mudah. Dan banyak digandrungi oleh para pencinta linux indonesia. Debian sangat sering dijadikan sebagai sistem operasi server jaringan.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Port Komputer dan Fungsinya

8.Vyatta

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 7

Vyatta merupakan turunan dari linux debian, kuunggulan dari linux Vyatta ini jika digunakan sebagai server jaringan adalah dalam pengaturan router dan firewall. sistem operasi jaringan yang satu ini  bekerja sangat baik bagi media komunikasi dikarenakan untuk penggunannaya sangat terjangkau dan aman.

9.CentOS

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 8

CentOS adalah salah satu distro linux yang cukup terkenal diindonesia. sebagian kalangan pencinta linux, banyak yang menganggap bahwa CentOS tersebut hampir sama dengan linux Fedora. Namun sebenarnya tidak sama. Kelebihan distro  linux ini dari pada distro linux lainnya adalah CentOS memiliki repository sendiri.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakan sistem operasi jaringan yang satu ini.

10.Unbreakable Linux

10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server 9

Unbreakable Linux adalah salah satu distro linux yang memiliki saingan yaitu dengan linux Red Hat.harga distro linux yang satu ini setengah harga dari linux red Hat.

Itulah beberapa informasi dan referensi mengenai Sistem Operasi Jaringan Linux Terbaik Untuk Membangun Server.

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment