Pembahasan Lengkap Mengenai Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart : Simbol dan Notasi, Fungsi, Kaidah dan Pedoman Membuat Flowchart

Notasi Flowchart : Simbol Flowchart, Fungsi, Kaidah dan Pedoman Membuat Flowchart – Pada postingan sebelumnya mengenai Cara Penulisan Algoritma salahsatunya membahas mengenai Algortima Flowchart, Post ini membahas lebih lanjut mengenai Flowchart.

Pada postingan ini akan membahas tentang Pengertian flowchart, Notasi – notasi pada Flowchart, Simbol – simbol flowchart, Fungsi Flowchart, Kaidah dan Pedoman Membuat Flowchart. Berikut pembahasan dan penjelasannya.

Apa itu Flowchart?

Flowchart adalah sebuah bagan gambar yang menggunakan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan atau skema yang menunjukkan aliran dan prosesnya yang secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Flowchart sendiri merupakan alat yang banyak digunakan dalam menggambarkan algoritma dalam bentuK notasi-notasi tertentu. Flowchart.

Jenis – Jenis Flowchart

Flowchart memiliki beberapa macam, Yaitu Alir Logika Program (Program Logic Flowchart) dan Alir Program Komputer Terinci (Detailed Computer Progran Flowchart), Berikut penjelasan mengenai jenis – jenis flowchart :

Diagram Alir Logika Program (Program Logic Flowchart)

Diagram atau flowchart jenis ini sering digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah yang terjadi didalan program komputer, secara logika dan biasanya dipersiapkan atau digambarkan oleh seseorang sistem analis.

Diagram Alir Program Komputer Terinci (Detailed Computer Progran Flowchart)

Diagram atau flowchart jenis ini digunakan untuk menggambarkan intruksi-intruksi yang terjadi pada progran komputer secara terperinci dan biasanya digambarkan oleh seseorang programer.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Port Komputer dan Fungsinya

Notasi dan Simbol Flowchart

Flowchart juga memeli beberapa notasi dan simbol – simbol yang tentunya setiap simbol memiliki arti yang berbeda. Berikut Notasi dan Simbol – simbol Flowchart :

notasi dan simbol flowchart
notasi dan simbol flowchart

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart

Dalam pembuatan diagram flowchart tidak ada ketentuan yang bersifat mutlak. Karena flowchart sendiri merupakan gambaran dari hasil pemikiran untuk menganalisa suatu masalah yang terjadi dengan komputer. Sehingga Algortima flowchart yang dihasilkan tentunya berbeda dan dapat bervariasi antara satu programmer dan programmer lainnya.

Namun secara garis besar, setiap pengolahan flowchart selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;

  • Input berupa bahan mentah,
  • Proses pengolahan,
  • Output berupa bahan jadi.

Dalam pengolahan data dengan komputer memiliki urutan dan dasar untuk Algortima Flowchart, yaitu;

  • START, berisi tentang instruksi untuk melakukan persiapan peralatan yang diperlukan nantinya sebelum menangani pemecahan masalah.
  • READ, berisi tentang instruksi untuk membaca data – data dari suatu peralatan yang telah input.
  • PROCESS, berisi mengenai kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan masalah sesuai dengan data yang dibaca.
  • WRITE, berisi tentang instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
  • END, digunakan untuk mengakhiri kegiatan pengolahan

Berikut contoh gambar yang memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar diatas :

Dasar Algoritma Flowchart
Dasar Flowchart

Dalam dasarnya tidak bisa asal, suatu flowchart harus ada proses persiapan dan proses akhir, Dan yang paling terpenting adalah pada tahapan proses. Karena pada tahapan ini banyak mengandung variasi dan sesuai dengan kompleksitas masalah yang akan dipecahkan nantinya.

Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran kaidah flowchart yaitu :

  1. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu.
  2. Hindari penggunaan logika yang berbelit, sehingga dalam menjalankan proses program menjadi singkat.
  3. Penggambaran flowchart yang simetris atau memiliki arah yang jelas.
  4. Sebuah flowchart harus diawali dari satu titik yaitu titik START dan diakhiri dengan END.
Baca Juga :  Pembahasan Lengkap Array 1 Dimensi

Pedoman Membuat Flowchart

Dalam membuat flowchart terdapat beberapa pedoman atau petunjuk, seorang sistem analis dan programmer harus pagam mengenai petunjuk atau Pedoman Membuat Flowchart, Berikut beberapa Materi Pemrograman Pedoman Membuat Flowchart :

  1. Flowchart harus digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
  2. Aktifitas atau proses yang digambarkan harus didefinisikan secara detail dan hati-hati dan dapat dimengerti oleh pembacanya.
  3. Menentukan Kapan aktivitas atau proses dimulai dan kapan berakhir harus jelas.
  4. Setiap langkah harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi.
  5. Setiap langkah harus berada pada urutan yang benar.
  6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Contoh penggunaan Flowchart

Jika kamu belum pagam mengenai penggunaan flowchart, Berikut beberapa contoh penggunaan flowchart yang bisa kamu pelajari :

contoh flowchart login facebook

contoh flowchart login facebook
contoh flowchart login facebook

Contoh Flowchart Luas Segitiga

Contoh Penulisan ALgoritma Flowchart
Contoh Penulisan Algortima flowchart luas segitiga

Itulah Pembahasan Lengkap mengenai Flowchart, Pengertian Flowchart, Simbol Notasi pada flowchart, Fungsi dan Contoh Penggunaan flowchart, Kamu bisa pelajari materi belajar ini untuk menambah wawasan kamu.

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment