in ,

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Mengatasi Cegukan pada Bayi

Mungkin kamu sering melihat bayi mengalami cegukan, Cegukan pada bayi menunjukkan kondisi normal pada pertumbuhan bayi. Walaupun normal dan tidak berbahaya, Hal tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut.

Cegukan pada bayi merupakan hal normal, Bahkan cegukan pada bayi dapat dialami sejak masih berada dalam kandungan. Sama halnya dengan orang dewasa cegukan pada bayi bisa membuat rasa tidak nyaman.

Cegukan pada bayi terjadi karena gangguan pada diafragma, Penyebab cegukan bisa terjadi karena makan terlalu cepat dan terlalu banyak, Serta menelan banyak udara. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat ulasan mengenai penyebab cegukan pada bayi berikut ini.

Apa Penyebab Bayi Sering Mengalami Cegukan?

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Sesuai penjelasan diatas, Penyebab cegukan pada bayi terjadi karena gangguan pada diafragma, Diafragma merupakan otot yang membantu proses pernapasan.

Singultus atau cegukan merupakan kondisi yang terjadi ketika terdapat kontraksi tidak disengaja pada diafragma dan tertutupnya ruang antara pita suara dengan cepat.

Karena pita suara yang tertutup itulah membuat terciptanya bunyi ‘hik‘ atau suara khas cegukan. Nah berikut adalah beberapa penyebab cegukan pada bayi.

Penyebab Cegukan pada bayi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bayi mengalami cegukan, Apa saja penyebab cegukan pada bayi? Berikut ulasannya

  • Makan Terlalu Banyak
  • Makan Terlalu Cepat
  • Penurunan suhu di dalam perut
  • Menelan udara terlalu banyak
  • Refluks gastroesofagus

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan pada bayi sangat mengganggu dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. Nah, untuk para orang tua bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi cegukan pada bayi. Lalu, bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi?

1. Berikan ASI dan Biarkan Bayi Bersendawa

Ketika bayi mengalami cegukan, sang ibu bisa mengatasinya dengan memberikan ASI pada bayi. Menyusui dapat membantu menghentikan cegukan pada bayi, Hal tersebut karena ketika menyusui diafragma anak Anda menjadi lebih rileks.

Ketika selesai menyusui biarkan bayi bersendawa, Dengan begitu udara yang terjebak dalam perut bisa mendapatkan ruang dan cegukanpun juga akan hilang.

2. Berikan Dot (Empeng) pada Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi selanjutnya yaitu dengan memberikan dot pada bayi. Memberikan empeng atau dot jauh lebih baik daripada menyusui karena dengan menggunakan dot tidak akan muncul risiko tersedak oleh cairan yang masuk ke tenggorokan ketika menyusui.

Cara ini bisa membantu untuk menghilangkan cegukan pada bayi, Karena ketika memberikan dot atau empeng dipercaya dapat merangsang sendawa dan tentunya bisa menghentikan cegukan pada bayi.

3. Menyusui dengan Posisi yang Benar

Ketika sang ibu menyusui dan tiba tiba bayi mengalami cegukan, Maka sebaiknya memperbaiki posisi menyusui. Walaupun menyusui merupakan cara mengatasi cegukan, Namun sebaiknya jangan memaksakan untuk terus menyusui, karena dapat menyebabkan bayi tersedak Nantinya.

Orang tua juga bisa memegang dan atur posisikan bayi dalam kondisi tegak berdiri, bisa dengan sambil menggendong untuk mengatasi cegukan pada bayi.

4. Bawa bayi ke tempat yang hangat

Untuk bisa mengatasi cegukan bayi, Kamu bisa membawa bayi pada tempat yang lebih hangat dan lembab. Mengingat salahsatu penyebab cegukan pada bayi yaitu temperatur yang berubah menjadi dingin.

5. Menepuk Punggung Bayi

Anda juga bisa menepuk-nepuk punggung bayi dengan lembut untuk mengatasi cegukan pada bayi. Hal tersebut bertujuan untuk membantu gas pada perut untuk naik.

Orang tua juga bisa memeluk sang bayi untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Hal ini akan membuat bayi menjadi rileks dan dapat menghilangkan cegukan pada bayi.

Cara Mencegah Cegukan pada Bayi

Untuk mencegah cegukan pada bayi orang tua sangat berperan dalam hal ini. Orang tua harus memastikan agar sang bayi tidak mengalami cegukan, Nah berikut ini cara mencegah cegukan pada bayi, Apa saja?

  • Mengawasi bayi selama menyusui atau makan. Jangan biarkan bayi makan atau menyusu teralalu cepat.
  • Perlahan ketika menyusui atau menyuapi makan.
  • Berikan ASI atau makanan pada bayi saat kondisi tenang atau tidak menangis.
  • Setelah memberi makan anak atau menyusui sebaiknya bayi diposisikan tetap tegak selama 20 sampai 30 menit.
  • Jangan menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah setelah makan.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cegukan pada bayi, Cegukan pada bayi merupakan hal normal namun jangan sampai hal itu menjadi berlarut – larut.

Dan harus diperhatikan ketika bayi mengalami cegukan. jangan sembarangan melakukan sesuatu hal dan cara mengatasi cegukan berdasarkan mitos.

Jika cegukan yang terjadi terlalu sering atau berlarut-larut, sebaiknya segera periksakan dan konsultasi ke dokter.

Baca Juga :  Mainan Edukasi Anak Umur 2 - 3 Tahun

Written by Diva Maulidiah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Tips Menghemat Baterai Saat Bermain Game

Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game tanpa Lag

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Cepat