Jenis – Jenis Port Komputer dan Fungsinya

mengenal jenis jenis port komputer dan fungsinya

Jenis – Jenis Port Komputer dan Fungsinya – Pada komputer kalian pasti tidak asing dengan berbagai lubang pada komputer yang berbeda – beda bentuknya. Tapi apakah kamu tahu jenis – jenis port tersebut? kalo belum tahu, Yuk mengenal mengenai informatika yaitu jenis jenis port komputer dan fungsinya.

Apa Itu Port komputer?

Port atau dikenal dengan colokan adalah media yang dapat menghubungkan komputer dengan hardware eksternal ataupun hardware utilitas lainnya agar bisa terhubung dan bekerja dengan baik.

Port memiliki beberapa jenis dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda beda tiap portnya. Apa saja? berikut Jenis – jenis port pada komputer :

  1. port PS/2
  2. port VGA,
  3. port serial,
  4. port USB,
  5. Port Audio
  6. Port Paraler
  7. Port LAN
  8. Port HDMI

Jenis Port Pada Komputer Beserta Kegunaannya

Ada beberapa jenis – jenis port pada komputer, fungsi dan kegunaannya pun berbeda dari masing – masing port. Berikut ini adalah beberap jenis dari port pada komputer dan kegunaannya:

1. Port PS/2

Port PS/2 dan Fungsinya
Port PS/2

Port PS/2 adalah port yang digunakan untuk mouse jenis PS/2. Port mouse ini biasanya berdampingan dengan port keyboard. Anda dapat membedakan kedua port tersebut dengan memperhatikan warna dari masing-masing port.

Port komputer mouse PS/2 biasanya berwarna hijau, sedangkan port keyboard PS/2 berwarna ungu.

Fungsi Port PS/2 : Port PS/2 digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer.
Kesimpulan : Port PS/2 termasuk input port. Hardware yang bisa berfungsi pada port ps/2 yaitu: mouse dan keyboard. 

Baca Juga :  Dasar Pemrograman : Mengenal Variable, Konstanta dan Type Data Pada Pemrograman

Port keyboard dan mouse ada dua jenis, yaitu Serial dan PS/2 yang berfungsi menghubungkan keyboard dan mouse dengan hardware komputer/CPU.

2. Port VGA

Port VGA dan fungsinya
Port VGA

Port VGA adalah port komputer yang digunakan untuk menghubungkan monitor dan VGA Card atau graphic card pada sebuah komputer. Port VGA menggunakan Konektor DE 15 dengan jumlah 15 pin.

Fungsi Port VGA : Fungsi utama port VGA adalah mentransmisikan data graphic dari sebuah komputer menuju monitor display atau output.

3. Port Serial

Port Serial dan Kegunaanya
Port Serial

Serial port adalah port komputer yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan untuk keyboard, mouse, dan juga PLC. Port ini menggunakan konektor RS – 232C. Saat ini, port serial sudah jarang digunakan, mengingat banyak koneksi komputer bisa dilakukan dengan menggunaka port USB standar.

4. Port USB

Port USB dan Kegunaanya
port USB

Port USB atau Universal Serial Bus, Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya.

Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard.

Kelebihan dari port komputer USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer.

Baca juga : Contoh Soal sistem operasi kelas X dan jawabannya

Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

Baca Juga :  Kelebihan Sistem Operasi 64Bit DiBandingkan 32Bit

5. Port Audio

Port Audio dan Fungsinya
Port Audio

Port audio adalah untuk media ransmisi suara yang dihasilkan dari komputer menuju output audio eksternal, seperti speaker dan juga headphone.

Ada 3 versi untuk port komputer, Paling atas untuk menangkap audio dari perangkat lain, Sedangkan yang tengah untuk audio keluaran pada speaker, dan untuk yang paling bawah digunakan untuk microphone.

6. Port Paraler

Port Paraler dan Kegunaanya
Port Paraler

Port parallel adalah jenis port komputer yang digunakan dan berfungsi untuk konektivitas yang membutuhkan kecepatan. Paraler port juga berfungsi sebagai alat komunikasi (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Hampir Bernasib sama seperti serial port, Port komputer ini mulai ditinggalkan.

7. Port LAN

Port LAN dan Kegunaannya
Port LAN

LAN (local area network) adalah port komputer yang digunakan untuk menghubungkan atau komunikasi data beberapa komputer yang terpisah dalam satu ruangan. LAN juga dikenal dengan sebutan yaitu Ethernet atau LAN Card.

8. Port HDMI

HDMI-port dan fungsinya
HDMI-port

HDMI adalah port komputer pengembangan dari graphic card (VGA). HDMI merupakan kependekan dari High definition Multimedia interface, dimana HDMI mendukung semua bentuk multimedia.

Sehingga port ini jauh lebih canggih dari port VGA, Karena sudah dapat mentransmisikan sinyal suara. Sehingga saat ini kebanyakan orang mulai pindah ke port HDMI daripada port VGA.

Itulah Beberapa port – port komputer beserta fungsi dan kegunaannya disetiap port – port komputer yang sudah dijelaskan.

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment