Ciri – Ciri Hamil Anak Kembar

By | March 20, 2019
Ciri Hamil Anak Kembar

Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar Yang Bisa Kita Amati

Ciri – Ciri hamil kembar mungkin tidak banyak orang tahu, Padahal ada beberapa tanda hamil anak kembar yang bisa diamati dari luar tanpa harus pemeriksaan kandungan.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengandung anak kembar ternyata juga bisa diketahui dari ciri ciri dan tanda kehamilannya, lho. Penasaran bagaimana tanda kehamilan anak kembar? Ini dia 6 tanda-tanda hamil anak kembar.

Ciri – Ciri dan Tanda Hamil Anak Kembar

Tanda Hamil Anak Kembar

Ciri – Ciri hamil anak kembar tidak jauh berbeda dengan gejala kehamilan janin tunggal. Namun ada beberapa tanda yang berbeda ketika kamu mengandung anak kembar, Apa saja?

1. Intuisi (Perasaan Ibu)

Intuisi sendiri merupakan sebuah kemampuan atau sebuah perasaan terhadap sesuatu. Ibu yang mengalami mengandung anak kembar akan memiliki perasaan hati atau intuisi tentang kandungannya.

Sang Ibu akan merasakan sejak awal bahwa mengandung lebih dari satu bayi, Intuisi atau perasan ibu menjadi ciri hamil anak kembar yang mungkin mudah untuk dikenali.

2. Mual dan Muntah Berlebihan

Ciri Hamil anak Kembar berikutnya adalah sering mual dan muntah yang berlebihan, Sang ibu akan sering mengalami kepala pusing, perut sebah atau tidak nyaman, bahkan hingga muntah-muntah.

Ibu yang mengangung anak kembar akan lebih sering mengalami mual dan muntah daripada mengandung anak tunggal. Maka dari itu Orang yang sedang mengandung anak kembar sangat memerlukan perawatan intensif.

3. Berat Badan Naik Drastis

Ketika sedang hamil pada tiga bulan pertama kehamilan dan berat badan naik dengan drastis itu bisa menjadi ciri hamil anak kembar. Hal tersebut dikarenakan pada masa kehamilan tersebut ukuran rahim dan volume darah yang meningkat.

Berat badan yang naik hingga 12KG pada akhir trimester kedua menjadi tanda mengandung janin kembar. Dalam hal ini sang ibu harus mendapatkan gizi yang baik, karena gizi yang baik sangat diperlukan janin dalam usia tiga bulan pertama kehamilan.

4. Bentuk Perut Terlihat Lebih Besar daripada Janin Tunggal

Selain ciri hamil anak kembar diatas, Tanda kehamilan anak kembar berikutnya yaitu pada bentuk perut. Bentuk perut yang terlihat lebih besar dari kandungan janin tunggal normal lainnya menjadi tanda bahwa sedang mengandung anak kembar.

Bukan hanya itu, Ukuran perut lebih besar dibanding usia kandungan juga menjadi tanda hamil anak kembar.

5. Kadar HCG dan AFP yang Tinggi

Kadar hCG (human chorionic gonadotrophin) dan AFP (alpha fetoprotein) yang tinggi menjadi ciri hamil anak kembar berikutnya. Ketika kamu melihat tingkat hCG yang meningkat secara drastis maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahka mengandung anak kembar. hCG sendiri adalah hormon yang menghasilkan telur yang dibuahi.

AFP sendiri merupakan sebuah protein yang dilepaskan oleh janin pada saat dia berkembang. Untuk mengetahui tingkat AFP bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan, Pemeriksaan AFP dapat dilakukan pada 16 hingga 18 minggu setelah masa terakhir menstruasi .

Tes atau pemeriksaan ini kerap dipakai untuk mengetahui apakah sedang mengalami kehamilan kembar atau bukan.

6. Sering buang air kecil dan besar

Tingginya kadar hCG juga mempengaruhi seoerang dalam buang air kecil, Hal tersebut akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Tanda gejala ini sudah terjadi sejak usia janin baru.

Walaupun ciri kehamilan anak kembar ini mungkin kurang spesifik, namun sering buang air kencing hamil kembar sangat berbeda dengan kehamilan janin tunggal.

7. Kelelahan yang Berlebihan

Ketika Mengandung janin kembar umumnya merasa sangat kelelahan dibandingkan ibu yang mengandung janin tunggal. Hal tersebut karena hamil kembar sang ibu yang berusaha memberikan nutrisi kepada lebih dari satu bayi. Ciri ini

8. Gerakan janin Lebih Awal terasa lebih sering

Ciri hamil anak kembar lainnya yaitu mengenai gerakan janin, Pada umumnya sang ibu yang sedang mengalami kehamilan kembar akan sering merasakan gerakan pada janin di dalam kandungan anak lebih dini.

Namun beberapa orang medis mengatakan tidak menjamin sepenuhnya bahwa Gerakan janin Lebih Awal terasa lebih sering merupakan tanda hamil anak kembar.

Meski demikian, Banyak ibu yang punya anak kembar mengaku, bahwa mereka merasakan gerakan janin lebih awal, dan mereka banyak yang percaya bahwa itulah ciri hamil anak kembar.

9. Mengalami Kram Rahim yang Kuat

Kehamilan kembar dapat menimbulkan rasa nyeri pada rahim, Orang yang sedang mengandung anak kembar akan mengalami kram rahim yang berbeda dan lebih kuat dibandingkan mengandung anak tunggal.

Bukan hanya kram pada rahim, Ketika mengandung sang ibu akan sering merasakan nyeri pada bagian punggung dan peredaran darah yang kuat pada bagian rahim.

Bagaimana Memastikan Hamil Anak Kembar?

Ketika kamu sudah mengetahui mengenai ciri hamil anak kembar beserta tandanya, Tinggal kamu memastikan apakah kamu hamil anak kembar atau tidak, Bagaimana caranya?

1. Pemeriksaan USG (Ultrasonografi)

Untuk memastikan kehamilan, Kamu bisa melakukan pemeriksaan USG. Keakuratan pemeriksaan USG mencapai 100% sehingga bisa menjamin kepastian mengenai kehamilan.

Pemeriksaan USG bukan hanya untuk memeriksa kehamilan anak kembar melainkan juga melihat kondisi sang anak. Pemeriksaan USG cukup penting saat sedang mengandung.

2. Pemeriksaan Detak Jantung Janin

Untuk memastikan kehamilan anak kembar lainnya yaitu dengan pemeriksaan detak jantung janin. Bunyi dua denyut jantung janin dapat dideteksi oleh Doppler (alat pendeteksi denyut jantung) di akhir trimester pertama.

Itulah beberapa informasi mengenai kehamilan anak kembar, Mulai ciri hamil anak kembar, tanda dan bagaimana memastikan kehamilan anak kembar.

Beri Rating :

Average rating / 5. Vote count:

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *