BeautyHidup SehatLifestyle

Cara Merawat Softlens Agar Tetap Nyaman, Aman dan Steril

Cara merawat softlens dengan baik

Kamu pemakai softlens? Tapi tidak tahu Cara Merawat softlens dengan baik? Perawatan softlens yang salah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat menggunakan softlens. Bahkan bisa menimbulkan iritasi mata karena softlens yang tidak steril.

Buat kamu yang belum tahu mengenai cara perawatan softlens, Berikut informasi mengenai Cara merawat softlens agar saat menggunakan softlens bisa tetap terasa nyaman dan tentunya aman bagi kesehatan mata, Dan tentunya kecantikan kamu bertambah.

Tips Cara Merawat Softlens yang Benar

Cara Merawat Softlens
Mencuci Softlens

Nah buat kamu para pengguna lensa kontak atau softlens wajib tahu mengenai cara merawat softlens agar mata bisa tetap nyaman dan aman saat menggunakan lensa kontak. Apa saja sih cara merawat softlens yang benar?

1. Pastikan tangan bersih dan steril saat memegang softlens

Cara merawat softlens yang pertama yaitu dengan memastikan bahwa tangan bersih dan steril saat memegang softlens. Tujuannya agar softlens tetap steril dan tidak menimbulkan iritasi mata dan tentunya perawatan softlens.

Iritasi mata saat menggunakan softlens menjadi tanda bahwa softlens sudah tidak higienis atau steril. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk para pengguna softlens membersihkan tangan terlebih dulu sebelum melakukan kontak langsung dengan softlens.

2. Hindari memiliki kuku panjang

Kuku yang panjang dapat membuat softlens kamu terjadi kerobekan, Sehingga softlens tidak akan bisa lagi terpakai. Jika dikalau kamu tidak mau memotong kuku yang panjang, Kamu bisa menggunakan alat bantu yang biasanya tersedia di tempat pembelian softlens.

3. Bersihkan Softlens Sesering Mungkin dan Cuci Softlense Setiap akan Disimpan

Cara merawat softlens terbaik yaitu dengan selalu mencuci dan membersihkan softlens setiap akan disimpan. Dengan mencuci dan selalu membersihkan softlens, Maka kamu dapat menghindari adanya bakteri atau kuman yang terdapat pada softlens yang dapat menyebabkan iritasi.

Mencuci dan membersihkan softlens bisa dengan menggunakan cairan pembersih softlens khusus, Kemudian Gosok softlens menggunakan ujung jari secara perlahan agar softlens nantinya tidak robek atau rusak. Nah Berikut adalah cara mencuci softlens :

  1. Bersihkan tangan dahulu dengan air bersih.
  2. Taruh softlens pada telapak tangan yang sudah ditetesi cairan pembersih softlens 2 – 3 tetes.
  3. Bersihkan softlens dengan ujung jari kamu secara lembut dan perlahan agar softlens tidak robek.
  4. Jika dirasa sudah bersih kamu masukkan softlens ke tempat softlens, dan tentunya ganti air softlens di kotak softlens tersebut.
  5. Rendam softlens hingga 3-4 jam, kemudian ganti cairan pembersih tadi, lalu bersihkan kotak softlens kamu tadi.

4. Tempat Penyimpanan Softlens wajib Bersih

Tempat penyimpanan softlens harus bersih tentunya, Bukan berarti tempat penyimpanan softlens merupakan tempat yang aman dari bakteri apa saja yang berada pada tempat softlens.

Jika dirasa tempat softlens kamu kurang bersih, Kamu dapat membersihkannya dengan memindahkan softlens tersebut ketempat yang lebih aman. Dan sebaiknya air softlens pada wadah softlens sebaiknya diganti setiap beberapa hari.

5. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari air tetesan softlens.

Cara merawat softlens berikutnya yaitu dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa pada tools tersebut. Banyak orang yang menyepelekan tanggal kadaluarsa dari softlens maupun air tetesan softlens.

Bukan hanya bisa merusak softlens, melainkan kesehatan matapun juga bisa terganggu, Maka dari itu perhatikan mengenai tanggal kadaluarsa dari air softlens yang kamu gunakan.

6. Jangan pakai softlens seharian.

Sabaiknya jangan pakai softlens seharian, Gunakan softlens maksimal 6 – 12 jam perhari. Penggunaan softlens yang belebihan bisa berdampak buruk karena mata kalian akan terasa lelah dan dan dapat mengakibatkan rentan akan iritasi.

Bukan hanya dapat menyebabkan masalah pada mata, penggunaan softlens yang berlebihan dapat menyebabkan softlens cepat rusak. Cara merawat softlens cukup gunakan softlens ketika dibutuhkan.

7. Jangan pakai softlens saat tidur

Jika kamu ingin tidur sebaiknya lepas terlebih dahulu softlens, Jika kamu terus memakai softlens saat tidur, Hal tersebut akan berdampak buruk baik bagi mata maupun kerusakan softlens.

Hal tersebut karena softlens saat kamu tertidur akan mengering, Hal tersebut berdampak dan menyebabkan mata menjadi iritasi, Bukan hanya iritasi softlens pun menjadi rusak.

8. jangan sampai softlens dan mata kering

Salah satu penyebab kerusakan pada softlens yaitu softlens mengering, Maka dari itu cara merawat softlens yaitu dengan jangan biarkan softlens mengering. Ketika softlens mengering akan rentan robek, Sebaiknya teteskan cairan khusus softlens jika dirasa mulai mengering.

Bukan hanya pada softlens, Mata kamu juga jangan biarkan mengering. kamu perlu merawat mata agar mata kamu tidak mengering dan menimbulkan iritasi pada mata.

9. Gunakan make up terlebih dahulu sebelum memakai softlens

Buat kamu yang ingin melakukan make up dan ingin menggunakan softlens sebaiknya terlebih dahulu makup kemudian setelah selesai baru pasang softlens. Kebanyakan orang memasang terlebih dahulu softlens kemudian melakukan make up.

Ketika kamu memasang softlens terlebih dahulu kemungkinan saat menebalkan alis atau saat menggunakan foundation, bedak, eyeshadow, eyeliner, maskara, dan lain-lain dapat bertebaran, menempel dan mengotori softlens. Hal tersebut dapat menyebabkan mata iritasi dan rentan terserang bakteri.

itulah beberapa informasi mengenai Cara Merawat Softlens yang bisa kamu lakukan, Agar softlens jadi lebih awet, bersih, dan tidak membahayakan mata Anda

Beri Rating :

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker