Cara Mengirim Lamaran Kerja lewat email

By | March 4, 2019
cara mengirim lamaran lewat email

cara mengirim lamaran lewat email

Saat ini mulai banyak perusahaan menerapkan cara atau sistem untuk para pelamar kerja, Sistem tersebut yaitu mengirim surat lamaran kerja melalui email. Mengirim lamaran kerja lewat email memang terbukti praktis, baik bagi perusahaan maupun para pelamar kerja.

Tentunya mengirim lamaran kerja melalui email berbeda, Berikut ini informasi mengenai persyaratan, tata cara, contoh lamaran, format email, etika dalam mengirim email pencarian kerja, termasuk apa yang harus dicantumkan dalam email yang dikirim ke perusahaan.

Ada beberapa tata cara yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum anda mengirim surat lamaran lewat E-mail, berikut ulasannya:

Cara Mengirim Lamaran CV Lewat Email yang Baik dan Benar

1. Menyiapkan Persyaratan Lamaran Kerja

Pertama, Anda harus menyiapkan persyaratan apa saja yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan melalui email, Anda bisa melihat persyaratan melalui informasi loker yang anda terima, Jika tidak ditentukan anda bisa menggunakan persyaratan standar berikut ini :

  • Email Pribadi (Sesuai Nama Anda)
  • Surat lamaran kerja, baik dalam bentuk format Microsoft Word, PDF, ataupun Note.
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Scan Ijasah / Transkip Nilai
  • Scan Sertifikat
  • Scan Data Diri
  • Pas Foto
  • Surat-surat lain (SKCK, Keterangan Sehat, atau sesuai dengan persyartan perusahaan tempatmu melamar)

2. Template Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Menulis surat lamaran kerja melalui email tidak boleh sembarangan, Tentunya Surat lamaran kerja yang anda kirimkan harus menarik untuk dibaca oleh pihak HRD Perusahaan, Berikut Contoh format surat lamaran kerja :

To              : recruitment@relove.id (Email perusahaan yang dituju)

Cc              : – (tembusan bila diperlukan)

Subject    : Staff IT (kode posisi atau alasan E-mail ini dikirim)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat di koran Merdeka tanggal 4 februari 2019 di mana perusahaan (nama perusahaan) sedang mencari tenaga kerja sebagai Staff IT (posisi yang hendak dilamar).

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : Karina Permata Sari (Nama Lengkap)

TTL                : Surabaya, 17 Januari 1990 (Tempat, Tanggal Lahir)

Alamat           : Jl. Takwa No.19 Surabaya (Alamat Lengkap)

Pendidikan Terakhir   : S1 Teknik Informatika

Telepon        : 08123456789

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pelengkap berupa daftar riwayat hidup, scan ijazah S-1 dan transkrip nilai, scan sertifikat kursus/pelatihan, dan pas foto 4×6 berwarna. Semua lampiran tersebut dapat Bapak/Ibu unduh dalam attachment yang ada di email ini.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bambang

Itulah salah satu contoh format template contoh surat lamaran kerja pengiriman melalui email.

3. Format Pengiriman Email

Berikut contoh format pengiriman email lowongan kerja melalui email (Gmail).

contoh surat lamaran kerja via email
Contoh format pengiriman email lamara
cara mengirim lamaran kerja lewat email
Lampiran Document yang Dibutuhkan

Itulah Sedikit contoh format pengiriman surat lamaran kerja melalui email, yang baik.

4. Tips dan Etika Mengirimkan Lamaran Kerja Melalui Email

Berikut ini tips dan etika yang bisa anda terapkan ketika mengirimkan surat lamaran kerja melalui email.

  1. Menggunakan Email Pribadi Sesuai Nama, Anda diharuskan menngunakan email pribadi sesuai dengan nama anda. Contoh : namalengkap@gmail.com.
  2. Subjek email yang jelas, Gunakan subjek email yang jelas atau sesuai ketentuan perusahaan. Contoh : Posisi Direktur Komunikasi, Lamaran Pekerjaan.
  3. Attach File Max Size 10 MB, Sangat dianjurkan untuk ukuran file yang di lampirkan tidak lebih dari 10 MB, Jika Tidak memungkinkan dibawah.
  4. Font Standard dan Sederhana, Pada file yang dilampirkan sebaiknya gunakan font standar dan sederhana. Contoh : font dasar seperti Times New Roman, Arial. Dengan ukuran font : 10 atau 12 px, sehingga email yang anda kirimkan mudah dibaca, dan tidak terlalu besar.
  5. Sertakan Tanda Tangan, Sesuai dengan contoh surat lamaran diatas, anda diwajibkan menyertakan tanda tangan.
  6. Koreksi Sebelum Mengirim, Sebelum mengirim sebaiknya anda mengoreksi terlebih dahul, apakah ada kesalahan baik dalam penulisan, data atau yang lainnya.
  7. Kirim pesan percobaan, Sebaiknya sebelum anda mengirimkan surat lamaran kerja anda melalui email, pastikan pemformatannya berfungsi dan file yang dilampirkan bisa dibuka. Pastikan dengan cara mengirimkan pesan cobaan pada email lainnya milik anda, dan ketika anda sudah merasa baik, kirimkan email tersebut pada email perusahaan.

Kesimpulan :

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja melalui email sebetulnya tidak jauh berbeda. Hanya saja resume yang dikirimkan dalam bentuk PDF atau dokumen Word.

Periksalah dahulu kelengkapan dan persyaratan lamaran pekerjaan anda dahulu sebelum anda mengirimkan email surat lamaran kerja anda. Ketika anda sudah selesai mengirimkan lamaran lewat email, tinggal menunggu informasi untuk interview kerja.

Itulah yang nantinya akan menentukan anda diterima atau tidak menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Beri Rating :

Average rating / 5. Vote count:

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *