Cara dan Syarat Membuat NPWP Pribadi, Karyawan, Istri, dan Usahawan

Cara Membuat NPWP : Syarat Mendaftar NPWP Pribadi, Karyawan, Istri, dan Usahawan – Sebagian orang belum mengetahui mengenai Cara dan Syarat Membuat NPWP, Baik NPWP untuk Pribadi, Karyawan, Istri, atau Usahawan. Nomor Pokok Wajib Pajak wajib dimiliki setiap warga negara yang telah memenuhi syarat wajib memiliki NPWP dan bersedia untuk membayar pajak sesuai ketentuan.

Pada dasarnya pajak merupakan kewajiban bagi kita sebagai Warga Negara Indonesia. Karena pajak sangat vital bagi pembangunan bangsa dan negara. NPWP juga dibutuhkan ketika mengurus dan membuat SIUP.

Apa saja Yang Dibutuhkan dalam Membuat NPWP?

NPWP sendiri memiliki beberapa jenis, NPWP dibagi berdasarkan jenis pekerjaan anda seperti NPWP Pribadi, NPWP karyawan/pegawai, NPWP Pemilik Usaha, dan NPWP untuk wanita yang sudah menikah.

Bagi orang yang belum bekerja tidak mempunyai kewajiban membuat NPWP. Terdapat istilah (PTKP) atau Penghasilan Tidak Kena Pajak . Aturan PTKP itu sendiri seseorang yang memiliki penghasilan dibawah Rp4.500.000/bulan atau sekitar Rp54.000.000 selama setahun tidak memiliki kewajiban membayar pajak atau termasuk dalam PTKP.

Dan tentunya setiap jenis npwp tersebut memiliki perbedaan baik dari persyaratan ataupun yang lainnya. Proses dalam pembuatan kartu NPWP terbilang cepat yaitu 1 hari kerja. Namun jika anda tidak memnuhi persyaratan akan membutuhkan yang lebih lama, Berikut persyaratan membuat NPWP.

A. Syarat Membuat NPWP yang Harus Dipenuhi?

Perlu diketahui sesuai dari penjelasan diatas bahwa syarat membuat NPWP berbeda sesuai dari status dan jenis masing-masing Wajib Pajak. Jadi untuk membuat NPWP persyaratan dokumen harus sesuai dengan jenisnya.

1. Syarat Membuat NPWP Pribadi

Jenis NPWP ini diperuntukan bagi Wajib Pajak pada umumnya baik yang belum bekerja maupun sudah bekerja sesuai dengan yang telah ketentuan, Berikut persyaratan membuat NPWP pribadi.

  1. bagi Warga Negara Indonesia : fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. bagi Warga Negara Asing : Atau fotokopi Paspor ditambah surat keterangan tempat tinggal (KITAS/KITAP)

(*) Surat keterangan tempat tinggal adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

2. Syarat Membuat NPWP Karyawan / Pegawai

Syarat pembuatan NPWP bagi karyawan atau pegawai sebagai berikut :

  1. Bagi WNI : Fotokopi KTP
  2. Bagi WNA : Fotokopi Paspor dan KITAS/KITAP
  3. fotokopi SK PNS atau Keterangan Kerja dari Tempat Anda Kerja
  4. Mengisisi Formulir Pendaftaran NPWP (sudah Tersedia di Kantor Pajak)

3. Syarat Membuat NPWP Pemilik Usaha / Wiraswasta

NPWP jenis digunakan untuk yang menjalankan usaha atau pemilik usaha, Dan untuk pembuatan harus mendaftar sendiri dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, Berikut persyaratan membuat NPWP Usahawan

  1. Bagi WNI : Fotokopi KTP
  2. Bagi WNA : Fotokopi Paspor dan KITAS/KITAP
  3. Fotokopi Dokumen Izin Kegiatan Usaha, Dokumen Lokasi Kegiatan Usaha, atau Lembaran Bukti Pembayaran Listrik
  4. Surat pernyataan menjalankan kegiatan usaha bermaterai (Rp6.000)
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran (sudah Tersedia di Kantor Pajak)

4. Syarat Pembuatan NPWP Wanita Kawin

Jenis NPWP ini ditujukan untuk wanita yang sudah kawin atau memiliki suami. Pada dasarnya seorang istri tidak memiliki kewajiban pajak melainkan ditanggung oleh suaminya. Namun jika ingin memiliki NPWP terpisah juga bisa.

Baca Juga :  Cara Menghitung Subnetting IP Address, Subnet Mask dan Host Dengan Mudah

Biasanya hal ini karena adanya perjanjian pemisahan penghasilan dan harta antara suami dan istri, Sehingga kewajiban membayar pajak terpisah. Perlu dikeathui Berikut syarat membuat npwp wanita kawin.

  • fotokopi Kartu NPWP suami
  • fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Perjanjian Pemisahan Penghasilan dan Harta; atau Fotokopi Surat Pemisahan Hak dan Kewajiban Perpajakan dari Suami
  • Isi Formulir Pendaftaran (sudah Tersedia di Kantor Pajak)

B. Cara Membuat NPWP

Cara dan syarat membuat NPWP

Cara membuat NPWP tidak begitu sulit dan Proses pembuatan kartu NPWP terbilang cepat yaitu 1 hari kerja. Kamu bisa membuat NPWP baik secara online maupun secara offline dengan datang ke kantor pajak.

1. Cara Mendaftar NPWP Secara Online

Untuk mendaftarkan diri kamu untuk mendapatkan NPWP kamu bisa mengisi formulir pendaftaran secara online melalui situs ereg.pajak.go.id sesuai dengan petunjuk yang ada.

Jika kamu mengalami kesulitan atau masalah dalam pendaftaran secara online, kamu bisa dapat langsung menghubungi Kring Pajak dengan nomor 1500-200.

2. Cara Mendaftar NPWP Secara Offline

Untuk kamu yang infin mendaftarkan diri kamu secara offline untuk mendapatkan NPWP, Kamu bisa datang lansung Kantor Pelayanan Pajak dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Kesimpulan :

NPWP sangat penting bagi kamu, Maka dari itu sebaiknya buat kamu yang belum mempunyai npwp segerala lakukan pendaftaran untuk membuat NPWP. NPWP juga membantu kamu dalam berbagai aktifitas seperti mempermudah administrasi perpajakan, dan pesryaratan ketika mengajukan kredit, pembuatan paspor, dll.

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment