Cara Cetak Voucher Hotspot Mikrotik

Cara Print Voucher Hotspot Mikrotik Menggunakan Mikhmon

Cara Cetak Voucher Hotspot Mikrotik Menggunakan Mikhmon – Ketika membuat hotspot tentunya sangat mudah dilakukan dengan generate user dan Print voucher hotspot hasil generate user hotspot tadi.

Ada banyak cara untuk melakukan generate user hotspot dan cetak voucher hotspot hasil dari generate user tadi. Kamu juga bisa mendownload Template Login Hotspot Mikrotik. Namun artikel ini membahasa mengenai Cara Cetak Voucher Hotspot Mikrotik Menggunakan Mikhmon.

Cara Generete dan Cetak Voucher Hotspot menggunakan Mikhmon

Apa itu Mikhmon?

Mikhmon adalah sebuah software untuk cetak voucher hotspot mikrotik yang berlisensi open-source dan dikembangkan oleh Laksamadi Guko. Mikhmon sendiri juga perkembangan dari program lain bernama routeros-api-class yang dibuat oleh Denis Basta.

Karena bersifat open source, Kamu juga bisa kembangin sendiri aplikasi ayang mirip dengan mikhmon, Kamu bisa mendownload routeros-api disini: https://github.com/BenMenking/routeros-api.

Mikhmon sendiri dibuat dengan menggunakan PHP maka kita membutuhkan web server untuk menjadalan program ini. Nah berikut cara instal Web Server dan cara instal Mikhmon software generate user dan cetak voucher hotspot mikrotik.

Installasi Web Server dan Instal Mikhmon

Agar Mikhmon nantinya bisa digunakan kita akan menginstal web server menggunakan Apache, Kita menggunakan Apache karena lebih mudah untuk instalasi dan konfigurasinya nanti.

Instalasi Web Server Apache ini Menggunakan sistem Operasi Windows, Sedangkan untuk yang menggunakan Linux bisa membaca tutorial Cara Instal Web Server di Linux. Berikut Cara Install Web Server Apache dengan xampp dan Instalasi Mikhmon :

  1. Download Software Apache XAMPP di situs ini https://www.apachefriends.org/download.html kamu bebas pilih versi PHPnya.
  2. Setelah terunduh, Silahkan Instal Xampp hingga selesai.
  3. Setelah terinstal kamu menuju folder instalasi Xamppnya, Defaultnya berada di drive C:\xampp
  4. Copy hasil unduhan mikhmon tadi pada folder htdocs pada xampp, Letak foldernya yaitu di drive C:\xampp\htdocs
  5. Karena berbentuk Zip, Lakukan ekstrak file terlebih dahulu. Dan lakukan rename pada folder tersebut yang awalnya “mikhmonv3-master” menjadi “mikhmon”.
  6. Buka browser lalu buka alamat url ini http://localhost/mikhmon
  7. Nanti akan Muncul halaman login, login dengan menggunakan user: mikhmon dan password: 1234
Baca Juga :  Kelebihan Sistem Operasi 64Bit DiBandingkan 32Bit

Konfigurasi Mikhmon

Setelah proses instalasi mikhmon selesai, berikutnya yaitu setting atau konfigurasi mikhmon agar bisa berfungsi untuk mencetak voucher hotspot mikrotik dan agar mikrotik anda bisa saling berhubungan dengan mikrotik. Berikut cara Konfigurasi Mikhmon untuk cetak voucher hotspot :

  1. Login ke Mikhmon
  2. Setelah login nantinya akan diarahkan ke halaman setting
  3. Untuk bisa terhubung ke mikrotik, Masukkan ip mikrotik, user dan password akses ke mikrotik yg terletak di menu input sebelah kiri.
  4. Terdapat juga menu input sebelah kanan yang berfungsi untuk memberikan nama bisnis hotspot, nama static domain hotspot, user dan password mikhmon.
  5. Kemudian klik save untuk menyimpan hasil konfigurasi tadi, Dan klik connect agar mikhmon terhubung ke mikrotik, pastikan juga service api sudah active.
  6. Silahkan klik Dashboard untuk memunculkan menu-menu fitur mikrotik yang ada di mikhmon.

Untuk konfigurasi mikhmon telah selesai, Saatnya untuk langkah berikutnya yaitu Cara Cetak Voucher Hotspot Mikrotik Menggunakan Mikhmon .

Membuat User Profile Hotspot

Saatnya untuk membuat user profile hotspot mikrotiknya, Langkah ini sebetulnya lanjuta dari langkah konfigurasi mikhmon sebelumnya, Langkah ini dipisah agar bisa lebih mudah dimengerti bagian – bagiannya. Berikut cara Membuat User Profile Hotspot Mikrotik dengan Mikhmon

  1. Masuk ke dashboard mikhmon
  2. klik pada menu User Profile
  3. Kemudian klik Add User Profile
  4. Setelah itu isilah kolom-kolom yang telah disediakan
  5. klik save untuk menyimpan user profile
  6. Setelah selesai kamu bisa klik close untuk keluar dari tampilan user profile.

Cara Generate dan Cetak Voucher Hostpot Mikrotik

Setelah semua selesai tinggal melakukan Generate dan Cetak Voucher Hostpot Mikrotik. Berikut cara Generate dan print Voucher Hostpot Mikrotik :

Generate Voucher Hotspot dengan Mikhmon
Generate Voucher Hotspot dengan Mikhmon
  1. Masuk ke menu Generate Hotspot User
  2. Kemudian akan muncul tampilan konfigurasi untuk generate voucher hotspot mikrotik.
  3. Isilah form tersebut yang sesuai
  4. Setelah kamu mengisi data yang sesuai, klik Generate
  5. Kemudian cetak voucher hotspot hasil generate tadi
  6. Selesai.
Baca Juga :  10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server

Itulah tutorial Networking Cara Generete dan Cetak Voucher Hotspot menggunakan Mikhmon, Masih banyak cara lain untuk cetak voucher hotspot mikrotik. Kemungkinan nantinya akan ada update cara lain untuk print voucher hotspot.

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment