Penjelasan Lengkap Array MultiDimensi

Array multidimensi: pengertian dan contoh kasus lengkap

Array Multi Dimensi : Pengertian dan Penjelasan Beserta Contoh kasus lengkap – Sesuai janji pada post sebelumnya mengenai array 1 dimensi, Post ini akan membahas lengkap mengenai array dua dimensi atau aray multi dimensi.

Nah jika kamu belum paham dan tahu mengenai array 1 dimensi kamu boleh menuju post tersebut. Post ini hanya membahasa mengenai array multidimensi. Sebelum lanjutnya penjelasan sebaiknya kamu harus tahu arti dari array multidimensi, Berikut Pengertian Array Multidimensi :

Pengertian Array Multidimensi

Pengertian Array dua dimensi atau array multidimensia merupakan kumpulan data yang mempunyai nama dan tipe data yang sama. Dan elemennya dapat diakses menggunakan 2 buah index, dan bisa juga disebut sebagai index baris dan index kolom.

Array multidimensi bisa di gambarkan sebagai table, yang memiliki index baris dan index kolom, Dan index tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakses elemen aray 2 dimensi.

Dalam pemanfaatan array tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan sebuah data dalam bentuk satu dimensi, Melainkan juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk 2 dimensi. Misal ada data dalam bentuk representasi sebagai berikut :

Deklarasi Array Multidimensi

Berbeda dengan array 1 dimensi, Variable array dimensi dua dideklarasikan dengan cara mencantumkan tipe dan nama variabel, Kemudian diikuti dengan banyaknya lokasi memori yang ingin dibuat. Berikut cara pendeklarasian Array multidimensi :

Tipe_data nama_variabel[subscript_baris][ subscript_kolom ]

Dan untuk Pemberian nomor array sama dengan array 1 dimensi yang dimulai dari baris 0 dan kolom 0, sehingga dalam contoh tabel di atas dapat dideklarasikan :

int data[4][3]

Dari deklarasi array diatas menunjukkan bahwa angka 4 menyatakan jumlah baris sedangkan angka 3 menyatakan jumlah kolom.

Baca Juga :  10 Sistem Operasi Jaringan Yang Cocok untuk Server

Inisialisasi variabel array Multi Dimensi

Inisialisasi atau pemberian nilai pada array hampir sama dengan pemberian nilai pada variabel tunggal, hanya saja dalam pemberian nilai pada array ini diperjelas dengan memberi nomor array. Berikut contoh Inisialisasi variabel array 2 Dimensi :

x[0][0] = -45;
x[0] [1]= 6;
x[1] [0]= 0;
x[1] [1]= 72;
x[2] [0]= 4;
x[2] [1]= 34;

Mungkin anda mempunyai pertanyaan Apakah harus satu persatu untuk memberikan nilai pada Array? dan Jawabannya adala TIDAK. Cara lain dalam pemberian nilai atau inisialisasi dapat dilakukan secara langsung dalam proses ketika mendeklarasikan variable array, perhatikan contoh di bawah ini :

int x[3][2] = { {-45, 6},{ 0, 72 },{ 4, 34 }, };

Cara Menampilkan isi variabel array dua dimensi

Untuk cara menampilkan isi dari array multidimensi dapat dilakukan dengan cara menyebutkan nama array dan index array yang ditampilkan. Contoh Cara Menampilkan Variabel Array :

cout<<“isi array 4 “<<x[1][1];

Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa progrmam tersebut akan menampilkan nilai pada variabel x di index pada baris ke 1 dan index pada kolom ke 1. Jika kamu masih belum paham mengenai materi pemrograman ini kamu bisa melihat contoh dibawah ini

Kamu bisa melihat kode program dibawah ini mengenai penggunaan array 2 dimensi agar kamu lebih paham mengenai materi belajar pemrograman ini, Berikut Contoh Kode Program Array 2 dimensi :

#include <iostream.h>
main(){

int data[4][3],i,j;

data[0][0]= 2001;
data[0][1]= 80;
data[0][2]= 80;
data[1][0]= 2002;
data[1][1]= 75;
data[1][2]= 80;
data[2][0]= 2003;
data[2][1]= 90;
data[2][2]= 75;
data[3][0]= 2004;
data[3][1]= 65;
data[3][2]= 60;

for(i=0;i<=3;i++)
{
for(j=0;j<=2;j++)
cout<<data[i][j]<<” | “;
cout<<endl;
}

Penjelasan Kode Program Diatas :

int data[4][3];

Contoh diatas menunjukkan bahwa memesan deklarasi variabel array multidimensi sebanyak 4 baris dan 3 kolom untuk mengisi variabel array 2 dimensi

Baca Juga :  Cara Penulisan Algoritma

Penjelasan Lain :

  • data[2][0]= 2003; //mengisi data baris 2 kolom 0 dengan nilai 2003
  • data[2][1]= 90; //mengisi data baris 2 kolom 1 dengan nilai 90
  • data[2][2]= 75; //mengisi data baris 2 kolom 2 dengan nilai 75

for(i=0;i<=3;i++){  
  for(j=0;j<=2;j++)
     cout<<data[i][j]<<” | “; //menampilkan isi array 2 dimensi
     cout<<endl;

}

Itulah Pembahasan lengkap mengenai pengertian Aray multidimensi dan contoh kasus lengkap. Semoga bisa dijadikan sebagai media belajar dan bermanfaat untuk kalian.

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment