Pembahasan Lengkap Array 1 Dimensi

Array 1 Dimensi : Pengertian dan Pembahasan Lengkap Beserta Contohnya – Sebelum membahas mengenai Array 1 Dimensi dan Array Multi Dimensi pada C++. Kamu harus pagam mengenai dasar pemrograman, Kamu harus sudah mengerti tentang variable dan juga tipe data variable.

Pembahasan Lengkap Array 1 Dimensi

Post Ini mebahas lengkap mengenai materi pemrograman dasar yaitu array 1 dimensi dan untuk array multi dimensi atau array 2 dimensi pada postingan artikel terpisah. Nah sebelum membahas lebih lanjut kamu harus tahu Apa Itu Array?

Pengertian Array

Array atau larik adalah kumpulan data yang mempunyai nama variable dan jenis tipe data yang sama dan memiliki index, index tersebut nantinya digunakan untuk mengakses (baca/tulis) elemen yang berada pada isi array tersebut. Array memiliki beberapa Jenis Array, Berikut macam – macam array :

Array 1 Dimensi

Pengertian Array 1 dimensi merupakan sekelompok data yang mempunyai nama variable dan tipe data yang sama yang hanya dapat diakses menggunakan 1 buah index saja dan sering disebut dengan variabel tunggal.

Array Multi Dimensi

Pengertian Array Multi dimensi merupakan kumpulan data yang mempunyai nama dan tipe data yang sama. Dan elemennya dapat diakses menggunakan 2 buah index, dan bisa juga disebut sebagai index baris dan index kolom.

Deklarasi Array 1 Dimensi

Variable array dideklarasikan dengan mencantumkan tipe data dan nama variabel yang diikuti dengan banyaknya lokasi memori yang ingin dibuat. Nah berikut contoh deklarasi array 1 dimensi :

Tipe_data nama_variabel[banyak array]

Misal : int x[5];

Contoh diatas berarti mendeklarasikan variabel a dengan banyak array sejumlah 5 dengan x adalah bilangan integer.

Ilustrasi-Array 1 Dimensi
Ilustrasi Array 1 Dimensi

Dan untuk Pemberian nomer array dimulai dari 0, Jadi, Array sendiri merupakan koleksi data dimana setiap elemen memakai nama dan tipe data yang sama (homogen) dan setiap akses elemen dengan membedakan indeks array-nya.

Baca Juga :  Perbedaan Linux dan Unix

Inisialisasi variabel array 1 Dimensi

Inisialisasi atau pemberian nilai pada array hampir sama dengan pemberian nilai pada variabel tunggal, hanya saja dalam pemberian nilai pada array ini diperjelas dengan memberi nomor array. Berikut contoh Inisialisasi variabel array 1 Dimensi

x[0] = -45;
x[1] = 6;
x[2] = 0;
x[3] = 72;
x[4] = 1543;

Ada beberapa cara dalam inisialisasi array, Sedangkan Cara lain untuk pemberian nilai atau inisialisasi dapat dilakukan secara langsung dalam proses pendeklarasian variabel array sesuai penjelasan diatas. Berikut contoh penulisannya

Int x[5] = {-45, 6, 0, 72, 1543 };

Menampilkan isi variabel array 1 Dimensi

Untuk Cara menampilkan isi array cukup dilakukan dengan menyebutkan nama array dan nomor array yang ditampilkan. Untuk contoh cara Menampilkan isi variabel array 1 Dimensi bisa dilihat dibawah ini :

cout<<”isi index array ke 4 “<<x[4];

Jika kurang jelas kamu bisa melihat contoh kode programn atau tutorial programming dibawah ini yang berisi penjelasan mengenai Menampilkan isi variabel array

Contoh Menampilkan deklarasi array 1 dimensi
Contoh Menampilkan deklarasi array 1 dimensi

Penjelasan dari contoh program array diatas:

  1. Mendeklarasikan variabel array x sejumlah 5 ( dan dihitung mulai dari 0) 
  2. Mengisi variabel array secara satu persatu 
  3. Menampilkan isi array secara satu persatu

Catatan:
Terkadang sebuah program menggunakan input Untuk mengisi variabel, Dan kamu bisa menggunakan perintah masukan/ cin
Untuk menampilkan semua data dan kamu dapat menggunakan proses perulangan.

Itulah Materi pemrograman mengenai array, Pengertian dan Pembahasan Lengkap mengenai array 1 dimensi Beserta Contohnya. Dan untuk pembasahan mengenai array multi dimensi di next post jika kalian belum paham bisa tulis dikomentar

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment